Minggu, 05 November 2017

Tutorial Konfigurasi IP Address di Ubuntu Server




IP Address adalah sebuah identitas yang diberikan oleh sebuah komputer agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain,pasti kalian sudah mengetahui konsep dari IP Address ini  salah satunya ada di dalam sebuah server, server dapat melayani client nya jika memiliki sebuah IP Address agar bisa berkomunikasi antara client dan server.Untuk mengkonfigurasi sebuah server biasanya digunakan sistem operasi yang berbasis linux, salah satunya adalah Ubuntu server, Untuk langkah konfigurasi Ip address ini saya menggunakan ubuntu 17.04. basisnya sama dengan sistem operasi yanglain cuma tinggal mengikuti aja.

Langkah Konfigurasi :



Pertama-tama kita intsall terlebih dahulu ubunru servernya kalian bisa pasang di virtualbox ataupun bisa install langsung ke pc kalian masing-masing juga gak apa-apa.

Jika sudah terinstall langsung saja kita mulai konfigurasinya:

1. Kita harus masuk sebagai super user dengan mengetikkan perintah dibawah ini


 sudo su 

2. Kemudian kita akan membuka file "interfaces" yang ada di dalam folder "/etc/network" untuk memulai mengkonfigurasi IP Address dengan mengetikkan serangkaian perintah dibawah

 nano /etc/network/interfaces 

penjelasannya adalah perintah "nano" adalah perintah text editor gunanya untuk membuka sebuah file agar bisa di edit maupun membuat sebuah file,klo di windows namanya notepad lah.

Berikut screenshootnya



3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibwah ini, dan mulailah mengkonfigurasikan IP Address.



Kalian boleh mengisikan IP Address yang sama persis seperti yang saya contohkan atau bisa kalian isi dengan IP Address yang sudah kalian tentukan sebelumnya.

4. Simpan file konfigurasi kalian, caranya tekan tombol "CTRL+X lalu tekan "Y" dan enter"

5. Agar IP Adress yang sudah kalian simpan tadi bisa terpasang di sistem tersebut kalian harus me restart sistemnya dengan mengetikkan perintah berikut.

 service networking restart 


5.  Jika sudah maka kalian bisa mengecek apakah IP Address yang kalian  sudah konfigurasi sebelumnya sudah terpasang di network interface nya atau belum dengan mengetikkan perintah.

 ifconfig 


jika tidak muncul interface nya cuman hanya ada interface IP lo(loop back ) maka harus di up dulu interfaces nya dengan cara.

 ifconfig (nama interface) up 


contoh:

disini interface saya adalah "enp0s3" maka saya akan meng up interface tersebut dengan perintah "ifconfig enp0s3 up".

Setelah di up maka cek kembali.

Inilah konfigurasi yang tadi sudah saya praktekan sebelumnya kepada kalian.




Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

1 komentar so far

wah pelajaran pas di smk dulu ini...


EmoticonEmoticon